Search

Tugas Individu Basis Data

Abstraksi data merupakan tingkatan-tingkatan pengguna dalam memandang bagaimana sebenarnya daya siolah dalam sebuah sistem datanase sehingga menyerupai kondisi yang sebenarnya dihadapi oleh pengguna sehari-hari.
Ada 4 pemakai basis data, yaitu :
·         Programmer aplikasi : Merupakan pembuat program aplikasi
·    Casual user / Naïve User : Pemakai yang sudah mahir, berinteraksi dengan sistem tanpa menulis program, tapi menggunakan query.
·    End user : Pemakai yang belum mahir, tinggal menjalankan aplikasi yang sudah dibuat oleh programmer aplikasi
·  Specialized user : Pemakai khusus yang menuliskan aplikasi database tidak dalam kerangka pemrosesan data, namun untuk keperluan khusus seperti CAD, AI, ES, dll.
Referential Integrity merupakan suatu konsep database yang memastikan bahwa hubungan antara tabel tetap konsisten dan menjamin validasi hubungan antara record-record, dimana kita tidak dapat menambah record ke tabel yang berisi foreign key kecuali ada hubungan dengan tabel utama sesuai dengan tabel yang terhubung, apakah itu update maupun delete.
Cascade Update adalah setiap perubahan pada Primary Key di tabel utama, maka secara otomatis mengubah nilai pada record-record yang berhubungan/berelasi dengan tabel utama.
Cascade Delete adalah setiap penghapusan pada Primary Key di tabel utama, maka secara otomatis mengubah menghapus nilai-nilai record-record yang berhubungan/bereleasi dengan tabel utama. 

No comments:

Post a Comment