Mobile adalah perangkat yang bergerak,
misalnya telepon seluler atau komputer bergerak yang digunakan untuk mengakses
jasa jaringan. Jadi mobile programming adalah program yg di gunakan utk
perangkat mobile.contohnya
1.
J2ME, ini rasanya paling umum dan paling
banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun masih menggunakan J2ME
dengan tambahan API
2.
C++ dalam symbian framework, ini khusus
untuk HP dengan OS symbian
3.
Flash Lite, game flash di mobile.
Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia NSeries
4.
Objective C (mirip C tapi beda struktur
bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa didevelop via OS Macintosh
5.
C++ dalam Brew framework, ini untuk HP
CDMA.
6.
C# .NET, untuk HP dengan OS Windows
mobile
7.
Javafx mobile, masih dikit yang support,
mgkn baru HP Android
1. Web Server (Apache, Appserv, Wamp, X Amp dll) : Dalam hal ini akan digunakan Apache karena
mudah serta banyak digunakan oleh pemula. Apache ini akan sangat berguna jika
kita membuat program yang menggunakan database yaitu mysql. Untuk
mengaktifkannya maka kita aktifkan apache dan pada direktori mysql/bin kita
aktifkan winmysqladmin yang telah kita install.
2. Web Browser ( Internet Explorer, Mozilla Firefox) : Untuk mengecek apakah server berjalan dengan
baik maka kita dapat mencoba menjalakannya pada IE dengan mengetikkan alamat http://localhost.
3. Emulator WAP (M3Gate, Winwap) : Emulator mempunyai fungsi yang sama dengan
browser IE, Mozila, Opera dll. Dengan menggunakan emulator kita tidak
harus mencoba program wap yang kita buat dengan handphone. Untuk belajar kita
hanya cukup menggunakan browser berbentuk handphone (emulator) ini untuk
menguji semua script WML yang telah kita buat. Contoh tampilan dari m3gate
untuk skin Handy dan skin April
Mobile Programing untuk ponsel :
1.
J2ME, ini rasanya paling umum dan paling
banyak HP yang support teknologi ini, blackberry pun masih menggunakan J2ME
dengan tambahan API
2.
C++ dalam symbian framework, ini khusus
untuk HP dengan OS symbian
3.
Flash Lite, game flash di mobile.
Playernya sendiri setau saya baru ada di nokia NSeries
4.
Objective C (mirip C tapi beda struktur
bahasa program ) , ini untuk iphone,dan hanya bisa didevelop via OS Macintosh
5.
C++ dalam Brew framework, ini untuk HP
CDMA.
6.
C# .NET, untuk HP dengan OS Windows
mobile
7.
Javafx mobile, masih dikit yang support,
mgkn baru HP Android
EMULATOR
Aplikasi yang memungkinkan sebuah software dari
sebuah platform berjalan di atas platflorm lain. Emulator menjalankan kode-kode
software pada virtual machine. Sehingga software tersebut mengira bahwa Ia
sedang berjalan di atas platform aslinya.Sebagai contoh suatu program Windows
dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan piranti lunak
emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam
komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk
menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada
konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan
lain-lain.
W
A P
Teknologi
WAP (Wireless Aplication Protocol ) merupakan sebuah metode untuk menghadirkan
halaman web di dalam layar Ponsel (Telepon Seluler). Dengan begitu, maka bentuk
informasi dari sebuah instansi tidak hanya ditampilkan dengan metode Web yang
hanya dapat di akses melalui Browser, akan tetapi dapat ditampilkan dalam
bentuk WAP yang dapat dilihat dengan ponsel.
Dengan
adanya dukungan GPRS dari pesawat Handphone, maka memungkinkan kita untuk
mengakses semua informasi yang disajikan dalam internet dalam bentuk WAP.
WAP
dapat dibuat dengan menggabungkan pemrograman WML (Wireless Markup
Language)dengan pemrograman PHP sehingga dapat menghadirkan aplikasi WAP yang
dinamis.
Pengertian
WAP
WAP
adalah suatu protokol aplikasi yang memungkinkan internet dapat diakses oleh
ponsel dan perangkat wireless lainnya. Tujuan utamanya untuk membangun aplikasi
yang dapat mengakses internet dari telepon genggam atau PDA. WAP membawa
informasi secara online melewati internet langsung menuju ke ponsel atau klien
WAP lainnya. Dengan adanya WAP pengguna dapat menggunakan ponselnya untuk
mengakses Internet dan memperoleh fasilitas dari masing-masing telepon genggam.
Dari sekedar membuka halaman situs untuk melihat informasi, seperti informasi
berita atau kurs, cuaca, membuka e-mail, bahkan sampai melakukan transaksi
keuangan.
Ada
tiga bagian utama dalam akses WAP yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP,
WAP gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang
berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML
khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML
yang seharusnya ditampilkan melalui web browser , sebelum dibaca melalui browser
WAP diterjemahkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan
perangkat WAP.
SOFTWARE
UNTUK BELAJAR WAP
Dalam
belajar pemrograman WAP dengan menggunakan WML, PHP dan MySQL maka software
yang harus disiapkan adalah :
1. Web Server (Apache, Appserv, Wamp, X Amp dll) : Dalam hal ini akan digunakan Apache karena
mudah serta banyak digunakan oleh pemula. Apache ini akan sangat berguna jika
kita membuat program yang menggunakan database yaitu mysql. Untuk
mengaktifkannya maka kita aktifkan apache dan pada direktori mysql/bin kita
aktifkan winmysqladmin yang telah kita install.
2. Web Browser ( Internet Explorer, Mozilla Firefox) : Untuk mengecek apakah server berjalan dengan
baik maka kita dapat mencoba menjalakannya pada IE dengan mengetikkan alamat http://localhost.
3. Emulator WAP (M3Gate, Winwap) : Emulator mempunyai fungsi yang sama dengan
browser IE, Mozila, Opera dll. Dengan menggunakan emulator kita tidak
harus mencoba program wap yang kita buat dengan handphone. Untuk belajar kita
hanya cukup menggunakan browser berbentuk handphone (emulator) ini untuk
menguji semua script WML yang telah kita buat. Contoh tampilan dari m3gate
untuk skin Handy dan skin April
Dasar
Pemrograman WAP
WAP
homepage sangat berbeda dengan HTML homepage. Bahasa markup dokumen pada WAP
adalah WML (Wireless Markup Language). WML menggunakan tag – seperti HTML –
tetapi tata penulisannya mengikuti aturan standar XML 1.0.
WML
page memiliki ekstensi *.WML, seperti halnya halaman HTML yang memiliki
ekstensi *.HTML. Walau secara umum beberapa perintah WML terlihat mirip dengan
HTML. Namun terdapat perbedaaan dalam struktur penulisan dokumen WML. Jika
sebuah dokumen HTML hanya terdiri atas dua bagian utama, yaitu header dan body,
dokumen WML mempunyai header, template (optional), dan beberapa body yang
disebut dengan cards. Susunan dokumen secara lengkap ini disebut dengan deck.
Sama seperti halnya HTML, untuk menyususun dokumen WML diperlukan kode khusus
yang dinamakan dengan tag. WML page disebut dengan DECK. Mereka dibangun sebagai
kumpulan CARD, yang mana dihubungkan antara satu dengan yang lain dengan link.
Ketikan sebuah halaman WML diakses dari mobile phone, semua card di dalam
halaman didownload dari WAP server. Navigasi antar card dilakukan dengan phone
computer – komputer di dalam hand phone – tanpa meminta akses tambahan ke
server
Cara
Menuliskan WML
Cara
Menuliskan Program WML memang agak sedikit berbeda dengan HTML. Yang membedakan
hanyalah pengenal bahwa script tersebut adalah program WML. Hal tersebut mirip
dengan program HTML yang setiap kali menuliskan scriptnya harus menggunakan tag
dan diakhiri dengan tag .
Begitu
juga dengan WML untuk menuliskannya kita dapat memulainya dengan tag dan
diakhiri dengan tag . Program WML ditulis kedalam versi XML, sehingga setiap
kali menuliskan harus mendeklarasikan kedalam bentuk XML. Hal tersebut
merupakan kewajiban, apabila tidak maka Emulator atau Hand Phone tidak dapat
mengenalinya.
No comments:
Post a Comment